Senin, 07 Maret 2016

Pelantikan Pramuka Penggalang SMP Labschool Jakarta


PELANTIKAN PRAMUKA 2016

Depok, 27 Februari 2016
           
 Pada hari Sabtu tanggal 27 Februari 2016, kita diberi kesempatan untuk melaksanakan pelantikan pramuka penggalang tepatnya tanggal 27 Februari 2016. Pagi itu, tepat pukul 06.00 WIB, kami berkumpul di hall ma atau hall masjid untuk melaksanakan Apel keberangkatan. Pak Ali Chudori sebagai kepala sekolah memimpin doa dan dilanjutkan dengan beberapa informasi dari Pak Dedi. Setelah apel selesai, kita pun mulai naik tronton sesuai kelompok yang telah diinformasikan Pak Dedi. Reguku, regu Lili, mendapatkan tempat di tronton nomor empat bersama regu lainnya, yaitu Lavender , Flamboyan, Kamboja , dll.
         
Perjalanan menuju Studio Alam TVRI membutuhkan waktu 1,5 jam.Karena kami bercanda sepanjang perjalanan, maka tak terasa kita sudah sampai di Studio Alam TVRI. Ketika kami turun dari tronton, kami mencium bau tidak sedap yang datang dari beberapa hewan, salah satunya kerbau dan kuda. Kami pun mulai berjalan menuju sebuah tenda dan berbaris di sebuah lapangan yang cukup besar. Kita diberi waktu untuk minum dan makan cemilan sambil menunggu para ketua regu membahas kegiatan selanjutnya dengan Kak Tris. Setelah pembahasan selesai, ketua regu pun kembali ke regu masing-masing dan kita pun mulai mengerjakan soal agar kita dapat mengikuti kegiatan outbond. Regu saya merupakan regu bunga Lili. Kita mengerjakan soal tersebut selama kurang lebih 10-15 menit lalu kami menunggu giliran untuk melaksanakan outbond sekaligus materi tentang scouting skills. Masih banyak regu tersisa yang belum dipanggil Kak Tris untuk melaksanakan outbond yang salah satunya merupakan regu Lili. Kami pun harus sabar menunggu giliran untuk dipanggil. Hampir 10 menit tidak dipanggil, akhirnya regu kami pun dipanggil dan dibubarkan untuk mengikuti outbond. Kami pun mulai berjalan melewati semak-semak dan pepohonan. Aku pun berdoa agar tidak ada makhluk lain yang mendekati atau memberhentikan kita di tengah jalan. Tak lama kemudian, kami sampai di pos satu. Di pos satu, kami bertemu beberapa kakak pembimbing dan ditanyakan isi Trisatya dan juga Dasadarma. Alhamdulillah, regu kami dapat mengatasi setiap pertanyaan yang ditanyakan. Setelah mendapatkan tanda tangan kakak pembimbing, kami diizinkan untuk melanjutkan perjalanan ke pos selanjutnya.

Pos kedua merupakan pos dimana kita mendapatkan materi tentang semaphore atau semafor. Semaphore merupakan suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera, dayung, atau tangan kosong atau dengan sarung tangan. Kami sempat berlatih semafor saat lima kelompok sebelum kami diuji pengetahuan semafornya. Aku diajarkan gerakan alphabet dari A hingga Z. Saat diuji pertanyaan, kita harus menebak apa kata atau kalimat yang di rangkai oleh kakak pembimbing. Regu kami dapat menebak kata pertama yang di rangkai oleh kakak pembimbing. Lalu sehabis mendapatkan tanda tangan dari kakak pembimbing di pos kedua, kami bergegas menuju ke pos ketiga. Di pos ketiga, kami mendapatkan bimbingan materi tentang tali menali. Setelah dijelaskan, kami ditugaskan untuk membuat tandu dengan menggunakan materi tali menali. 

Menurutku, pos ini merupakan pos yang tugasnya agak sulit karena membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Regu kami agak kesulitan dalam mengerjakannya namun kami berhasil membuat tandu walaupun kami sempat dibantu pengerjaannya oleh Kak Rama. Kami pun melanjutkan pos terakhir yaitu tantangan membawa seorang korban agar dapat diselamatkan jika terjadi kecelakaan. Kami agak kesulitan untuk membawa korban namun kegiatan tersebut berhasil kami taklukan. Kami pun diizinkan untuk kembali ke lapangan utama untuk melaksanakan kegiatan PBB. Kami diajarkan beberapa dasar PBB untuk pramuka. Lalu kami diberikan waktu untuk sholat Zuhur dan makan cemilan kecil. Saat aku kembali dari masjid, teman-teman lain sudah mulai makan bekal yang mereka bawa dari rumah. Aku pun langsung bergabung bersama regu Lili. Tak lama setelah makan, kami melaksanakan latihan upacara pelantikan pramuka penggalang. Setelah latihan, kami diberi waktu untuk beristirahat dan kami diizinkan untuk duduk. Kami pun melanjutkan kegiatan upacara pelantikan pramuka penggalang. Upacara pun selesai sekitar pukul 15.20 WIB. Kami pun mengambil tas dan kembali ke sekolah naik tronton. Kami tiba sekitar jam 5 dan langsung pulang ke rumah masing-masing.

1 komentar: